Materi

27.10.14

Dasar-Dasar Epidemiologi : Prinsip Dasar Skrining

Alat skrining digunakan untuk mendeteksi penyakit pada subjek yang dicurigai. Alat skrining yang ideal harus murah untuk dipakai, mudah untuk diaplikasikan serta dapat mendeteksi penyakit dengan baik. Pada bagian ini, kita akan membahas prinsip-prinsip penting mengenai karakteristik alat skrining yang ideal.

Profil alat skrining:
1)Sensitivitas
2)Spesifisitas
3)Nilai prediktif positif dan negatif

Sensitivitas
Sensitivitas didefinisikan sebagai kemampuan alat tes untuk mendeteksi mereka yang benar-benar terkena suatu penyakit. Rumusnya adalah = mereka yang dideteksi positif oleh alat/semua yang benar-benar terkena penyakit.

Spesifisitas
Spesifitas didefinisikan sebagai kemampuan alat tes untuk mendeteksi mereka yang tidak memiliki penyakit.

Predictive Values:
Kemampuan suatu tes untuk memprediksi apakah seseorang terkena penyakit atau tidak. Nilai predictive value sangat bervariasi dan sangat tergantung dari sensitivitas, spesifitas dan prevalensi dari suatu penyakit. Apabila prevalensinya rendah, Apabila prevalensi suatu penyakit rendah, meskipun tes ini sangat spesifik tetap akan menyebabkan banyak false positif karena banyak sekali orang yang dites sedangkan mereka yang benar-benar terkena penyakit sedikit.

Positive Predictive Value
Kesempatan dari seseorang yang dites dan hasilnya positif benar-benar terkena suatu penyakit. Rumusnya, mereka yang positif sesuai dengan alatnya dibagi dengan total mereka yang dites positif baik itu benar-benar positif atau false positif.
Begitu pula dengan negative predictive value, kesempatan dari seseorang yang dites dan hasilnya negatif dan tidak terkena suatu penyakit. Rumus untuk mendapatknya adalah True negative/True negative+false negative.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar