Materi

16.11.14

Psikologi Hk III Newton

Kali ini, saya akan membahas bagian terakhir dari tulisan trilogi Hukum Newton dalam tinjauan Psikologi Fisika.
Hukum III newton mengatakan bahwa suatu gaya aksi akan disertai dengan gaya reaksi yang besarnya sama dalam arah yang berlawanan. Dalam hidup, ketika kita memberikan aksi / bertindak pasti ada reaksi dari luar, bisa reaksi positif maupun negatif. Contoh gampangnya ketika kita memposting suatu artikel maka reaksinya bisa macam-macam, ada cuek mampir lewat, ada yang komentar atau ada yang sekedar baca saja. Ingat, setiap tindakan yang kita lakukan akan memberikan dampak yang besarnya sama pada kita sendiri. Jika kita bersikap baik pada orang lain, maka orang lain pun akan baik pada kita. Jika kita menghormati orang lain, orang pun tak segan untuk menghormati kita. Menanamkan kebaikan pada orang, akan memberikan hasil serupa sebesar kebaikan yang kita tanamkan pada orang lain. Ada aksi ada reaksi. Begitu juga sebaliknya.
Alkisah,  ada seorang bapa dan anak beserta seekor keledai. Ketika si anak menaiki keledai, orang-orang berkomentar negatif “Dasar anak ga tahu perasaan, masa bapaknya yang jalan kaki” . Kemudian si bapak yang naik, dan orang-orang yang melihatnya berkomentar “ kasihan sekali anak itu di suruh jalan sedangkan bapaknya asyik nunggang keledai”. Si bapak dan si anak kemudian menaiki bersama-sama, kamudian orang-orang pun berkomentar “ Kasihan sekali tuh keledai, massa dinaiki dua orang”..Akhirnya mereka berdua memutuskan untuk tidak menaiki keledai. Keledai dibiarkan berjalan tanpa tunggangan…habiskan komentar orang-orang? “Buat apa ya… bawa keledai tapi ga Ditunggangi”.
Begitulah…ada aksi ada reaksi…yang terpenting dalam hidup, kita memberikan yang terbaik dalam pandangan sang pencipta, siapa yang berada pada jalan-Nya (berpegang pada Qur’an dan Sunnah) niscaya ia tak akan tersesat dalam hidupnya.. pelajaran hukum III Newton juga bisa kita pelajari dalam film Sang Pencerah, bagaimana reaksi masyarakat sekitar terhadap aksi yang dilakukan KH. Ahmad Dahlan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar