Materi

27.10.14

Eradikasi Penyakit: Faktor-Faktor Penting

Tidak semua penyakit dapat dieradikasi. Dua karakteristik penting harus dipenuhi oleh suatu penyakit sebelum dimulainya usaha eradikasi: faktor saintifik yang mendukung usaha eradikasi dan dukungan politik dari pemerintah dan masyarakat dalam usaha eradikasi penyakit. Artikel ini akan membahas kedua karakteristik tersebut.
Kemajuan saintifik dan pemahaman terhadap bakteri/parasit patogen adalah factor paling penting dalam usaha eradikasi penyakit. Dari pemahaman yang menyeluruh terhadap patogen penyebab penyakit, kita dapat membuat strategi-strategi untuk mengeradikasi patogen tersebut. Berikut ini faktor-faktor saintifik yang mendukung usaha eradikasi :
1.Faktor epidemiologis yang mendukung
Faktor epidemiologis yang penting dalam mendukung persebaran penyakit adalah keberadaan reservoir penyakit pada hewan ternak seperti unggas/babi. Hal ini akan sangat menyulitkan usaha eradikasi karena meskipun sudah tidak ada manusia lagi yang terkena penyakit. Masih ada kemungkinan bagi seseorang untuk tertular oleh bakteri yang dimiliki oleh hewan reservoir. Influenza adalah virus yang memiliki reservoir pada unggas. Hal ini menyebabkan influenza sangat sulit untuk dieradikasi karena akan sangat sulit bagi kita untuk memastikan bahwa setiap unggas di dunia bebas dari influenza.
2.Keberadaan intervensi praktis untuk mencegah/mengobati penyakit
Faktor yang tidak kalah pentingnya adalah apakah teknologi untuk mencegah/mengobati penyakit yang dituju sudah tersedia? Sebagai contoh, keberadaan vaksin ataupun antibiotik yang dapat diproduksi secara masal dengan harga yang murah akan mempermudah usaha eradikasi penyakit. Polio adalah salah satu penyakit yang sangat menakutkan pada tahun 1920-1930. Sejak ditemukannya vaksin polio oleh Salk, insiden kasus polio berkurang secara drastic hingga pada tahun 2013, hanya 5 negara yang masih memiliki kasus polio.
3.Dapat dibuktikan bahwa suatu penyakit dapat dieliminasi dari suatu area geografik tertentu
Karakteristik berikutnya yang harus dimiliki oleh penyakit agar dapat dieradikasi adalah telah ada bukti bahwa suatu penyakit dapat dieradikasi dari suatu area geografik. Hal ini dibutuhkan untuk mengecek viabilitas suatu program sebelum program eradikasi dengan skala yang lebih besar dapat dilakukan. Dalam kasus Polio, pada tahun 1994 WHO zona Amerika dan Amerika Latin telah dideklrasikan sebagia daerah bebas polio.
Selain faktor biologis dari penyakit itu sendiri. Tentunya dukungan pemerintah dan masyarakat sangatlah penting dalam usaha eradikasi penyakit. Berikut ini kita akan membahas faktor politis yang mempengaruhi usaha eradikasi penyakit:
  1. Seberapa berbahayakah penyakit tersebut?
Salah satu faktor penting yang mempengaruhi dukungan masyarakat terhadap usaha eradikasi adalah jawaban dari pertanyaan : “seberapa berbahayakah penyakit tersebut?”. “Apabila saya terkena penyakit tersebut, apakaha saya akan mati atau menimbulkan cacat yang permanen?”. Semakin berbahaya/sering penyakit tersebut di masyarakat, maka semakin besar pula dukungan masyarakat terhadap usaha eradikasinya. Dalam kasus Polio misalnya, orang yang terkena Polio akan mengalami paralisis sistem motorik yang permanen. Hal ini menjadi salah satu hal yang mendorong kekhawatiran masyarakat.
2.Biaya yang diperlukan untuk usaha eradikasi
Tentunya, usaha eradikasi membutuhkan biaya yang besar: biaya yang dibutuhkan untuk membeli vaksin dan obat-obatan yang dibutuhkan oleh pasien. Uang yang harus dibayarkan kepada pekerja social yang melakukan penyuluhan dan vaksinasi. Biasanya, pemerintah akan melakukan cost/benefit analysis antara manfaat yang akan didapat dan biaya yang harus dikeluarkan untuk usaha eradikasi tersebut.
3.Iklim politik negara
Iklim politik suatu negara juga merupakan faktor yang penting dalam usaha eradikasi penyakit. Suatu negara dalam kondisi sosial/politik yang tidak stabil akan menyulitkan usaha eradikasi. Salah satu contohnya adalah usaha eradikasi polio di Pakistan. Perang saudara yang berkepanjangan di Pakistan merupakan salah satu faktor penyebab sulitnya akses vaksin dan pekerja sosial ke beberapa daerah di Pakistan.
Maka,tidaklah mudah untuk mengeradikasi suatu penyakit. Suksesnya suatu program eradikasi penyakit sangat bergantung pada kombinasi faktor biologis yang sesuai dan dukungan penuh dari masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar